Food BloggerFood Traveler IndonesiaFood Vlogger

Roti Komplit – Kuliner Khas Palembang Anti Mainstream

Palembang merupakan salah satu kota yang kaya akan kuliner khasnya. Salah satu kuliner yang paling terkenalnya adalah pempek, selain itu juga ada martabak har, tekwan, kue maksuba, kue delapan jam, dan lain sebagainya. Pokoknya, kalau jalan-jalan ke Palembang ga lengkap deh rasanya kalau kita ga icip-icip makanan khas daerah sini. Kadang kita juga suka bingung cari kuliner yang anti mainstream tapi tetep punya cita rasa yang makyus! Kali ini kita ga perlu bingung lagi. Selain pempek, ternyata Palembang juga punya kuliner anti mainstream yang legend loh! Yup! Namanya Roti Komplit khas Palembang.

Roti komplit ini memiliki berbagai macam merk salah satu roti komplit yang sudah lama berdiri adalah roti komplit Megaria atau sekarang biasanya disebut dengan Roti Komplit Papi-Q yang berada di jalan Rustam Effendy Palembang, buka pukul 16.30 sampai habis.

Roti Komplit khas Palembang

Bapak Robin selaku pemilik roti komplit ini memiliki alasan mengubah nama dagang rotinya, karena ternyata nama roti komplit Papi-Q ini untuk mengingat almarhum ayahnya yang mewariskan usaha ini. Soal rasa gausah ditanyain lagi deh… Roti komplit ini pastinya konsisten soal rasa yang ga pernah mengecewakan.

Roti komplit sebenarnya sudah populer sejak tahun 70 sampai 80an, sering menjadi buah tangan saat berkunjung ke rumah teman, sanak saudara atau sebagai tentengan untuk menjenguk sanak saudara yang sedang sakit. Roti komplit ini juga cocok banget menjadi cemilan saat kumpul bersama keluarga. Namun, sayangnya roti komplit saat ini tidak sepopuler dahulu, tergerus oleh zaman sehingga kini sudah banyak roti-roti pesaing yang berinovasi dan lebih modern. Nah, salah satu roti komplit yang konsisten berjualan turun temurun adalah Roti Komplit Papi-Q.

Roti komplit Papi-Q terbuat dari roti bantal yang dibelah memanjang menjadi tiga bagian, lalu dioleskan selai nanas dan srikaya, ga lupa juga susu kental manis di atasnya. Terlihat sederhana bgt ya, tapi setelah dimakan dan tercampur di dalam mulut, uhh.. Bayangin deh tuh rasanya kaya gimana haha

Setelah dioleskan selai, roti dipotong kurang lebih menjadi 9 bagian, lalu diikat menggunakan kertas kopi (kertas yang biasanya jadi sampul buku anak sekolah) Kalau kata sepupu sih, roti ini mirip roti bakar yang ga dibakar (?)

Mungkin terlihat mirip dengan roti bakar, hanya saja perbedaannya roti komplit ini lebih besar dan empuk. Selain itu roti ini tidak perlu di bakar, hanya dikasih selai ditengahnya. Jika biasanya roti bakar memiliki selai berbagai macam rasa, ternyata roti komplit memiliki selai khasnya yaitu selai srikaya. Kurang afdol deh rasanya kalau roti komplit ini ga pakai selai srikaya. Jadi makin penasaran nih sama roti komplit khas Palembang ini, bagaimana rasa dan cara pembuatannya ya?

Langsung aja yuk simak video berikut!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker