Food BloggerNewsRecipesSimple RecipesTips & Ideas

Resep Cumi Asam Manis Praktis Ga Pake Ribet

Resep Cumi Asam Manis

Hallo everyone! kali ini aku akan share resep cumi asam manis, yang pastinya praktis dan ga bikin ribet. Resep ini cocok banget bagi kalian penggemar seafood, sebagai temen makan nasi, dijamin yummy deh pokoknya. Apalagi untuk yang tinggal di daerah dekat laut, bisa dapet cumi yang fresh dengan mudah dan murah haha kalau kita yang di kota-kota besar biasanya dapet cumi yang sudah frozen. Tapi gak masalah, yang penting cuminya masih fresh dan ga bau amis. Yuk! langsung aja kita have fun masak pake resep ala no preparation.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  1. Cumi yang sudah dipotong menjadi kotak-kotak kecil.
  2. Bumbu dasar kuning (kunyit, bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan, kalau ribet bikin sendiri bisa kita beli di pasar terdekat).
  3. Bawang bombai secukupnya.
  4. Paprika secukupnya.
  5. Telur satu butir.
  6. Air mateng, kira-kira satu gelas kecil.
  7. Bumbu asam manisnya kita menggunakan gula untuk rasa manisnya dan saus tomat untuk rasa asamnya.
  8. Tepung maizena.
  9. Saus tiram satu sendok makan
  10. Kecap asin satu sendok makan
  11. Cabe merah besar iris menyamping.
  12. Daun bawang yang sudah diiris tipis.
  13. Jahe yang sudah digeprek.

Cara pembuatannya :

  1. Nyalakan kompor dan simpan wajan diatasnya, kalau bisa wajannya agak besar ya, agar mempermudah saat proses pengadukan nanti. Setelah itu kita masukan minyak goreng sebanyak satu sendok makan, tunggu sebentar hingga panas.
  2. Setelah itu, masukan bumbu kuning (kunyit, bawang putih, bawang merah yang sudah dihaluskan) tumis hingga harum. Jangan lupa juga masukan bawang bombai yang sudah diiris kecil-kecil tadi ya. Kita tunggu hingga bawang bombai matang.
  3. Setelah bawang bombai matang, kita masukan paprika dan jahe yang sudah digeprek ke dalam wajan kemudian aduk hingga merata.
  4. Masukan bawang daun dan cabe merah untuk menambah warna dan rasa pada masakannya. Lalu kita aduk lagi hingga merata.
  5. Setelah terlihat agak matang, kita masukan satu butir telur, lalu telurnya kita orak-arik.
  6. Jika telurnya sudah setengah matang dan sudah tercampur rata dengan bahan lainnya, kita masukan air perlahan-lahan kemudian kita aduk kembali.
  7. Masukan dua sendok makan saus tomat, satu sendok makan saus tiram, satu sendok makan kecap asin, satu sendok makan gula, setengah sendok makan garam dan terakhir masukan setengah sendok makan merica ke dalam wajan. Lalu kita aduk hingga tercampur rata.
  8. Setelah bumbu tadi tercampur rata, kita masukan deh cumi yang sudah dipotong kotak-kotak tadi. Kemudian kita aduk hingga merata.
  9. Terakhir, kita masukan tepung maizena (tipsnya tepung maizena lebih baik di larutkan dulu dengan sedikit air, agar saat diaduk dengan bumbu masakan lain tidak menggumpal).
  10. Kita diamkan deh masakannya, ohiya! jangan lupa juga siapkan timer ya, kita atur sekitar 3 menit, sambil kita aduk sesekali.
  11. Setelah tiga menit, kita tiriskan lalu tuang ke atas piring.

Jadi deh cumi asam manisnya… Resep cumi asam manis ini cocok banget nih disantap dengan nasi hangat. Apalagi disantapnya sama orang yang disayang, dijamin makin yummy deh rasanya.

FUN FACT :

Sebenernya masak cumi ini agak tricky, kalau kelamaan bisa jadi alot tapi kalau terlalu sebentar juga cumi bisa jadi kurang matang. Jadi gimana nih supaya cumi bisa dimasak dengan tingkat kematangan yang pas? jawabannya, kita bisa menggunakan timer dan atur selama 3 menit setelah itu, kita bisa cek tingkat kematangannya, kalau kurang matang kita diamkan sedikit lebih lama tapi kalau sudah matang bisa langsung kita angkat.

Fun fact selanjutnya adalah tentang jahe. Jahe ternyata punya banyak manfaat, selain menjadi penyedap rasa pada masakan, jahe juga ternyata dapat bermanfaat sebagai penghilang bau amis pada masakan terutama masakan seafood.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker