Healthy EatingTips & Ideas

5 Manfaat Memasukkan Bawang Merah Sebagai Bumbu Masakan

Manfaat bawang merah menjadi fenomena tersendiri di dunia medis saat ini. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa bawang merah bermanfaat dalam mencegah penyakit kanker dan beberapa penyakit berbahaya lainnya. Bawang merah juga dapat digunakan sebagai penangkal radikal bebas karena adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Bawang merah sering dimanfaat sebagai bumbu masakan dan menjadi salah satu bumbu wajib pada masakan. Sebab dengan memberikan bawang pada masakan dapat menjadi penguat rasa bagi masakan tersebut. Selain itu, bawang merang mengandung beberapa nutrisi yang rendah kalori dan tinggi nutrisi sehingga bermanfaat sebagai vitamin, antioksidan dan mineral. Namun, apakah anda tahu apa manfaat dari bawang merah sendiri? ini dia 5 manfaat bawang merah yang tidak anda ketahui.

5 Manfaat Bawang Merah

  1. Bawang  pencegah kanker

Manfaat utama yang mungkin tidak anda ketahui adalah bawang merah dapat dimanfaatkan sebagai pencegah kanker. Mengapa bawang merah dapat mencegah kanker? Ini karena bawang termasuk ke dalam sayuran allium yang dipercaya dapat mencegah kanker yang berhubungan dengan lambung dan kanker kolorektal. Akan tetapi ini menjadi hipotesis karena mekanisme senyawa yang ada pada bawang belum diketahui secara pasti. Namun, yang jelas bawang mengandung Vitamin C yang cukup tinggi sehingga ini dapat digunakan sebagai antioksidan yang dapat memerangi pembentukan radikal bebas.

Bumbu dapur Indonesia wajib

lihat juga -> Manfaat Jeruk nipis untuk wajah dan kesehatan

2. Baik untuk penderita kanker prostat

Ternyata dari sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institue mengatakan bahwa para peneliti telah melakukan studi kasus terkontrol yang berbasis populasi demi menyelidiki hubungan antara kandungan allium sayuran dan penyakit kanker prostat.

3. Mengatur tidur dan memperbaiki mood

Ternyata kandungan folat yang ada dalam bawang merah dipercaya dapat mengatasi masalah depresi karena kerjanya dapat mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh. Homosistein akan mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine dan norepinephrine yang bukan hanya dapat mengatur suasana hati namun juga tidur dan nafsu makan.

4. Baik untuk jantung

Bawang merah mengandung sulfida methylallyl dan asam amino sulfur yang dapat memberikan efek penurunan kadar kolestrol jahat dalam darah dan meningkatkan kembali kadar kolestrol baik. selain itu, manfaat bawang ini dapat mengatur tekanan darah tinggi sehingga membuka arteri yang tersumbat agar mampu meningkatkan kesehatan jantung.

5. Esofagus dan kanker perut

Kandungan allium yang ada dalam sayuran akan berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut. Selain itu, beberapa penelitian yang dilakukan pada manusia berbasis survei telah menemukan potensi dampak protektif konsumsi bahan ini dan laporan tersebut mengatakan bahwa adanya reaksi penghambatan tumor setelah pemberian senyawa alium pada hewan percobaab.

Itulah 5 manfaat mengonsumsi bawang merah yang harus anda ketahui..

Selain itu anda juga bisa langsung cek channel youtube kita yah, banyak keseruan didalamnya yang bisa dinikmati. Link nya ada dibawah.

https://www.youtube.com/channel/UCoACy5ijfbpup57Ld5kW69g

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker